Minggu, September 28, 2008

KEMENANGAN BERSEJARAH ALONSO

Alonso is back. Mantan juara dunia dua kali yang sekarang membalap untuk tim Renault, Fernando Alonso akhirnya mengakhiri kebuntuannya musim ini dengan menjuarai GP Seri Singapura. Kemenangan ini sekaligus mencatatkan namanya sebagai pembalap pertama yang memenangi balapan malam hari. Selain itu Alonso juga menggagalkan ambisi Lewis Hamilton dan Felipe Massa sebagai raja jalanan di Formula 1.
Kemenangan perdana Alonso malam ini juga menjadi obat bagi Renault yang memenangi balapan terakhirnya di Sirkuit Suzuka, Jepang tahun 2006 dan menghapus frustasinya yang tak pernah menang sejak di Sirkuit Monza, Italia tahun lalu.
Dalam balapan kali ini Alonso harus banyak berterimakasih kepada rekan setimnya, Nelson Piquet Jr, yang mengalami kecelakan di lap 14. Akibatnya Safety Car masuk lintasan dan lomba menjadi tak terduga. Belum lagi kesalahan yang dilakukan pembalap-pembalap papan atas akibat insiden tersebut. Insiden Massa di pit stop yang mengakibatkan diberi sanksi drive through, atau Niko Rosberg dan Robert Kubica yang harus isi bahan bakar saat pit line masih tutup sehingga mendapat pinalty stop and go 10 detik. Termasuk kecelakaan yang dialami Kimi Raikkonen yang semakin menguntungkan Alonso. Setelah 61 lap berlangsung, Alonso finis pertama dengan waktu satu jam 57 menit 16.304 detik disusul Rosberg ditempat kedua tertinggal 2.9 detik dan di podium ketiga ditempati Hamilton 5.9 detik berikutnya.
Dari hasil seri ini Hamilton memperlebar jarak dengan Massa di klasemen pembalap. Hamilton mengumpulkan 84 poin, Massa 77 poin. Ditempat ketiga Kubica mengumpulkan 64 poin dan Raikkonen 57 poin ditempat keempat. Sedangkan di klasemen konstruktor, tempat pertama ditempati bersama dua tim, McLaren Mercedez dan Ferrari yang mengumpulkan poin sama 134 poin.


---------------------
Sent using a Sony Ericsson mobile phone

Tidak ada komentar: