Senin, November 03, 2008

HAMILTON JUARA DUNIA F1

Akhirnya Lewis Hamilton juara dunia. Meski ditentukan di balapan terakhir dan sampai tikungan terakhir Sirkuit Interlagos, Brazil. Finis di urutan kelima membuat poin Hamilton satu angka lebih banyak dibanding rival utamanya, jagoan tuan rumah, Felipe Massa. Massa mendominasi sepanjang balapan dan menang meyakinkan dihadapan pendukungnya. Ditempat kedua direbut Fernando Alonso dan Kimi Raikkonen ditempat ketiga.
Cukup finis di posisi kelima ternyata tidak mudah bagi Hamilton, terutama di lima lap menjelang finis saat hujan kembali turun. Terus ditempel ketat master rain Sebastien Vetel akhirnya Hamilton melebar juga sehingga bisa didahului dengan mudah. Namun keberuntungan berpihak pada Hamilton, di dua tikungan terakhir terlihat Timo Glock kesulitan dengan laju mobil Toyotanya, dan akhirnya bisa disalipnya sebelum keluar dari tikungan terakhir. Hamilton pun finis di posisi kelima. Padahal tahun lalu Hamilton yang menjadi pesakitan akibat kalah satu poin dari Raikkonen. Sebenarnya jika Hamilton finis keenam poinnya akan sama dengan Massa, tetapi Massa yang keluar jadi juara dunia karena diuntungkan memenangi dua seri balapan lebih banyak. Namun kali ini rekan setim Raikkonen yang harus menangis kalah satu poin di kandang.
Dengan menjadi juara dunia, Hamilton juga memecahkan rekor pembalap termuda yang memenangi gelar juara dunia menggusur Fernando Alonso. Hamilton juga menghapus dahaga gelar timnya, McLaren Mercedez yang kali terakhir merasakan juara dunia saat Mika Hakkinen di tahun 1999 dan kembali membawa pulang gelar ke Inggris semenjak Damon Hill di tahun 1996.

---------------------
Sent using a Sony Ericsson mobile phone

Tidak ada komentar: