Minggu, Oktober 12, 2008

ALONSO MENANG LAGI

Pembalap Renault Fernando Alonso sedang on fire. Dua minggu lalu menjuarai seri perdana malam hari di GP Singapore, hari ini secara meyakinkan menjuarai GP Jepang di Sirkuit Fuji Speedway. Alonso mengungguli Robert Kubica dan Kimi Raikkonen dengan catatan waktu satu jam 30 menit 21.892 detik.
Balapan kali ini memang sangat menentukan karena GP F1 tinggal menyisakan tiga seri lagi. Lomba pun jadi menegangkan sejak awal. Start dimulai Lewis Hamilton yang menempati pole position langsung kehilangan posisi diambil alih Kimi Raikkonen. Namun Hamilton mengejar dan melakukan tindakan membahayakan di tikungan pertama terhadap Raikkonen sehingga membuat pembalap Ferrari ini keluar lintasan dan beberapa pembalap lain termasuk David Coulthard yang harus berhenti dari balapan. Hamilton pun terkena pinalti drive trough. Akibat tindakan Hamilton posisi pembalap menjadi acak, Kubica memimpin diikuti Alonso.
Di lap kedua kejadian serupa terjadi antara Hamilton dan Massa. Hamilton mampu menyalip Massa namun kembali dipotong Massa sehingga mereka bersenggolan. Ganti Massa yang dianggap bersalah dan terkena pinalti drive trough.
Setelah lap ketiga balapan sedikit menurun ketegangan. Alonso mengambil alih lomba setelah pit stop pertama. Sementara Raikkonen berada di posisi ketiga setelah Heikki Kovalainen mengalami kerusakan mobil.
Setelah pit stop kedua aksi perebutan tempat kedua antara Kubica dan Raikkonen menjadi bagian menarik, namun setelah dua tiga lap mencoba dan gagal, Raikkonen akhirnya tak bisa mendekati posisi Kubica.
Sementara Massa yang berjuang keras mendapat poin akhirnya mampu melewati Mark Webber untuk menempati posisi delapan. Di akhir lomba diuntungkan kesalahan Sebastian Bourdais yang berada di posisi keenam yang menyenggolnya saat keluar pit stop. Pinalti 25 detik membuat Bourdais terlempar ke posisi 10 dan Massa naik satu posisi menjadi ketujuh.
Dari lomba kali ini, Massa memperpendek jarak poin dengan Hamilton. Hamilton 84 poin sementara Massa tertinggal lima poin dengan 79 poin. Di klasemen konstruktor Ferrari kembali memimpin dengan 142 poin sedang McLaren diposisi dua dengan 135 poin dan BMW mengumpulkan 128 poin.

---------------------
Sent using a Sony Ericsson mobile phone

Tidak ada komentar: