Minggu, Januari 18, 2009

TERATAI YANG KIAN LANGKA

Tumbuhan air satu ini sepertinya semakin langka saja. Dulu sepanjang Ngrajek, Kalimati, Kedungrejo, Kecamatan Tanjunganom bisa mudah ditemui di areal antara jalan raya dengan jalan kereta api.
Tempat tersebut dulu kalau dimusim kemarau dijadikan tegalan, ditanami palawija tapi kalau musim penghujan tergenang air. Saat tergenang air itulah terlihat tanaman indah ini muncul dari dalam air. Teratai ada yang berbunga ungu ada yang putih, keduanya sama indahnya. Bunganya mekar di pagi hari saja dan menutup kembali setelah tengah hari.
Namun sekarang di daerah itu sudah benar-benar tidak ada lagi bunga unik ini, karena sudah menjadi ladang yang tak tergenang air lagi disaat musim hujan. Pagi ini ternya bisa ketemu lagi tanaman ini di kolam pancingan Waduk Gerak Waru Turi, Prambon - Gampengrejo. Kedua jenis Teratai, yang berbunga ungu maupun putih ada disana. Kebetulan pas mekar bunganya, jadi terlihat keindahannya.
Mungkinkah bunga ini semakin langka? Bisa saja, karena memang daerah hidupnya di alam liar yang semakin sempit. Cara agar tetap bisa menikmati indahnya bunga ini tentu saja harus memeliharanya sendiri. Beruntung di taman wisata seperti Waduk Gerak Waru Turi masih bisa ditemui.

---------------------
Sent using a Sony Ericsson mobile phone

Tidak ada komentar: