Selasa, Mei 19, 2009

COACHS COME COACHS GO

Menjelang berakhirnya kompetisi selalu banyak kejutan yang terjadi. Tak hanya naik turun prestasi suatu tim yang disorot, tapi lebih jauh adalah kiprah dalang permainan, sang pelatih. Beberapa pelatih top menjadi korban ketatnya kompetisi dan harus sudah mengakhiri kepelatihannya sebelum kompetisi usai. Diantaranya Bernd Schuster yang diberhentikan Real Madrid, Luis Felipe Scolari yang dipecat Chelsea, Juergen Klinsman yang dipecat Bayern Muenchen dan yang baru saja terjadi adalah Claudio Ranieri yang didepak Juventus. Selain ada yang terdepak, ada pula yang mengundurkan diri baik-baik seperti yang dilakukan pelatih Ajax, Marco Van Basten.
Ada yang pergi berarti ada yang datang menggantikannya. Beberapa mendapatkan kesuksesan saat menjadi pengganti sementara seperti yang diterima Guus Hiddink di Chelsea, tapi juga ada yang memang hanya sementara melatih dan kurang mengesankan macam Juande Ramos di Real Madrid. Mereka yang dianggap berhasil pastilah dipertahankan mati-matian oleh klub, sedangkan lainnya sudah disiapkan penggantinya.
Paling ramai dibicarakan belakangan ini tentunya pelatih Chelsea dan AC Milan terkait nama Carlo Ancheloti. Guus Hiddink kembali ke tim nasional Rusia, Ancheloti menjadi kandidat terkuat pengisi pelatih Chelsea. Jika Ancheloti ke Chelsea, Milan harus mencari pengganti. Direktur Milan Leonardo salah satu calon pengganti. Beberapa pelatih lain juga dikaitkan, misalnya pelatih Cagliari Massimiliano Allegri, mantan pelatih Barcelona Frank Rijkaard dan Marco van Basten.
Sedangkan yang sudah memastikan diri menangani klub baru, Luis Van Gall yang akan melatih Muenchen musim depan dan Ronald Koeman yang menggantikan posisi Van Gall di AZ Alkmaar. Kursi pelatih yang mungkin berganti musim depan diantaranya, Real Madrid, Juventus yang sementara ditangani Ciro Ferara atau AS Roma.

---------------------
Sent using a Sony Ericsson mobile phone

Tidak ada komentar: