Selasa, Februari 17, 2009

UTAMAKAN PRODUK DOMESTIK

Di tengah masa krisis keuangan global seperti sekarang ini pemerintah terus mengkampanyekan penggunaan produk dalam negeri. Salah satu yang lagi gencar dilakukan adalah pemakaian sepatu merk lokal. Bahkan para menteri rela menjadi peraga pameran sepatu dalam negeri. Menjadi contoh bagi abdi negara lainnya.
Begitu pentingnya sepatu? Mungkin iya untuk waktu sekarang ini. Ingat bagaimana Presiden George W. Bush saat dilempar sepatu di Irak? Atau PM China yang juga dilempar sepatu di Inggris. Apalagi di Indonesia yang berpenduduk lebih dari 200 juta jiwa. Jika semua penduduk Indonesia lebih memilih produk dalam negeri berapa besar devisa yang bisa ditahan tetap berada di dalam negeri?
Sayangnya hal itu tidak mungkin terjadi masyarakat Indonesia lebih memilih produk sendiri. Selain faktor merk, secara kualitas pun produk lokal harus mengakui keunggulan produk luar negeri. Makanya pemerintah punya target untuk mensukseskan upaya ini, yakni menyasar para pegawai negeri sipil. Jumlah pns yang cukup besar minimal bisa menjadi upaya pertama pemerintah mengkondisikan penggunaan sepatu lokal. Tentu saja hal tersebut perlu didukung aturan terkait untuk mewajibkan pns bersepatu lokal. Dengan begitu, para pns bisa menjadi model iklan gratis bagi sepatu lokal. Sehingga akan mempengaruhi masyarakat untuk melakukan hal yang sama.

---------------------
Sent using a Sony Ericsson mobile phone

Tidak ada komentar: