Rabu, Maret 18, 2009

INDONESIA KANDIDAT HOST WORLD CUP

Federasi Sepak Bola Dunia FIFA kemarin mengumumkan nama-nama negara yang berminat menjadi penyelenggara Piala Dunia 2018/2022. Indonesia termasuk dalam 11 negara yang diumumkan. Sebelas negara tersebut adalah Inggris, Rusia, Australia, Amerika Serikat, Jepang, Mexico, Portugal, Spanyol, Belanda, Belgia, Qatar, Korea Selatan dan Indonesia.
Diantara negara tersebut, Qatar dan Korea Selatan hanya mengajukan diri untuk Piala Dunia 2022. Sedangkan Portugal dan Spanyol, Belanda dan Belgia mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama. Beberapa diantaranya juga pernah menjadi tuan rumah, yaitu Inggris tahun 1966, Amerika Serikat tahun 1994, Mexico tahun 1970, Spanyol tahun 1982 serta Jepang dan Korea yang menjadi tuan rumah bersama pada Piala Dunia 2002.
Jika penyelenggaraan Piala Dunia tetap digilir per benua dan memberi kesempatan yang belum pernah menjadi penyelenggara, maka kesempatan Indonesia cukup terbuka di tahun 2022 bersaing dengan Qatar yang juga belum pernah menjadi tuan rumah di Asia, karena tahun 2018 kemungkinan bisa dimenangkan Australia. Namun jika tidak bergiliran, Indonesia akan sulit karena bersaing juga dengan Rusia.
Seperti diketahui Piala Dunia 2010 akan diselenggarakan di Afrika Selatan (Afrika) dan 2014 di Brazil (Amerika). Tapi persyaratan berat juga sudah menunggu sebagai calon penyelenggara, diantaranya harus punya 12 stadion berkapasitas 40 ribu penonton dan satu stadion utama untuk final berkapasitas 80 ribu penonton. Pengumuman negara yang terpilih akan diumumkan Desember 2010. Masih lama bukan? Indonesia bisa tidak ya?

---------------------
Sent using a Sony Ericsson mobile phone

Tidak ada komentar: