Senin, Desember 29, 2008

FENOMENA POLISI TIDUR

Hal biasa dijumpai di perumahan adalah adanya portal ditengah jalan atau polisi tidur. Polisi tidur sebenarnya dibuat untuk keselamatan dalam berkendaraan, tapi sekarang ini fungsi itu sudah tidak mengena lagi.
Polisi tidur sekarang lebih difungsikan sebagai alat pemaksa bagi pengendara bermotor untuk memperlambat laju kendaraan, tanpa melihat efek dari jalan setelah dibangunnya portal itu. Jalan yang semestinya nyaman dilewati menjadi sangat tidak layak dilewati, bahkan dibanding sebelum diaspal atau dibeton. Kalau begitu apa guna ada jalan?
Seperti di Bumi Mulya Permai Sidoarjo ini, hampir tiap 20 meter ada portal penghalang setinggi 10 centimeter, sehingga pengguna jalan yang lewat menggunakan kendaraan dijamin ditantang offroad di perumahan. Fenomena ini juga terjadi di desa-desa atau kampung padat penduduk. Yang jelas dahulu jalan jelek kemudian diperbaiki tapi malah jadi tidak layak dilewati.
Sebenarnya ini adalah masalah disiplin. Bagaimana berkendara yang sopan di jalur padat dan lebih mengutamakan keselamatan. Sehingga kemajuan, perbaikan yang telah dilakukan tidak sia-sia saja.

---------------------
Sent using a Sony Ericsson mobile phone

Tidak ada komentar: