Senin, April 21, 2008

IBU KITA KARTINI

Hari ini Indonesia memperingati Hari Kartini. Semua pasti tahu kan siapa dia?
Raden Ajeng Kartini adalah puteri Bupati Jepara, Raden Mas Ario Sosroningrat. R.A. Kartini lahir tanggal 21 April 1879 di Mayong, Kabupaten Jepara.
Ibu Kartini adalah pelopor emansipasi wanita Indonesia. Ia bercita-cita untuk mengangkat derajat kaum wanita melalui pendidikan, agar mereka mendapat hak dan kecakapan yang sama dengan kaum pria. Ia sangat berkeinginan untuk melanjutkan sekolahnya, tetapi dilarang oleh orang tuanya. Sebagai seorang gadis ia harus menjalani masa pingitan hingga sampai waktunya untuk menikah. Keharusan ini merupakan suatu adat yang harus dijalankan pada waktu itu.
Salah satu kegemarannya adalah membaca. Dengan banyak membaca, baik majalah maupun buku-buku, maka pikiran kartini menjadi terbuka. Melalui bacaan itu ia dapat membandingkan kemajuan yang dicapai wanita-wanita eropa.
Selain itu, ia juga suka berkirim surat dengan teman-temannya di eropa. Bertukar khabar dan berkeluh kesah melalui selembar kertas. Dari lembar demi lembar suratnya ini nantinya dikumpulkan menjadi satu buku yaitu Habis Gelap Terbitlah Terang.
Hanya saja, umur ibu Kartini ternyata tidak panjang. Tanggal 17 September 1879 atau usia 25 tahun, ia harus kembali kehadapan yang pencipta.


--------------------
Sent using a Sony Ericsson mobile phone

Tidak ada komentar: